Begini Kriteria Developer Properti Yang Baik Agar Beli Rumah Lebih Mudah

0
127
views
Begini Kriteria Developer Properti Yang Baik Agar Beli Rumah Lebih Mudah

Begini Kriteria Developer Properti Yang Baik Agar Beli Rumah Lebih Mudah – Salah satu faktor penting ketika membeli properti atau jual rumah di bandung adalah dengan adanya developer properti.  Oleh karena itu, sangat penting untuk lebih memperhatikan dan mempertimbangkan developer properti mana yang harus dipilih.

Sebenarnya cara menentukan developer properti tersebut bagus atau tidak cukup mudah. Anda bisa mencari informasi mengenai developer properti tersebut melalui review properti yang banyak beredar di internet. Biasanya ulasan mengenai developer properti akan terlihat jelas dan detail hingga rekam jejak developer properti tersebut.

Dengan melakukan hal tersebut, anda dapat meminimalisir kemungkinan ditipu oleh oknum nakal yang dapat merugikan anda. Dalam beberapa kasus, ada pengembang nakal yang membangun properti yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau menipu bahkan membawa kabur uang calon pembeli. Bahaya bukan?

Alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal berikut dahulu sebelum memutuskan untuk membeli properti.

Baca Juga : Yuk Dekorasi Kamar si Kecil Dengan Menggunakan Lampu

Begini kriteria developer properti yang baik agar beli rumah lebih mudah

1. Kredibilitas

Kredibilitas perusahaan developer properti tentu sangat penting untuk diperhatikan karena nantinya anda akan banyak melakukan kerja sama dengan perusahaan tersebut terkait jual beli properti seperti perjanjian pengikatan jual beli (PPJB) atau akta jual beli (AJB) .

Akan lebih baik dan aman jika membeli rumah ataupun properti dari developer properti yang sudah go public. Biasanya developer properti yang sudah go public lebih terjamin dan tidak terpengaruh oleh regulasi bank. Mereka juga memiliki banyak sumber dana. Dengan begitu, rumah anda dapat dipastikan selesai dibangun tepat waktu dan sesuai dengan yang dijanjikan.

2. Legalitas

Legalitas properti yang akan dibeli juga harus diperhatikan. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan tanah di properti yang akan dibangun tersebut sudah terbit sertifikatnya. Sebagai calon pembeli, anda berhak untuk melihat sendiri sertifikat tersebut.

Apabila pihak developer mengatakan bahwa sertifikatnya sedang ada di bank untuk keperluan proyek, anda bisa meminta untuk melihat Akta Pemberian Hak Tanggungan dan Sertifikat Hak Tanggungan.

Jika legalitasnya masih berupa izin lokasi, hal tersebut sangat rawan dan tinggi resikonya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk meminta atau menanyakan copy sertifikat indukya. Developer properti yang baik dan terpercaya pasti tidak akan ragu-ragu untuk menunjukkannya.

3. Komitmen

Biasanya untuk menarik minat calon pembeli, developer properti banyak menjanjikan dan menggembor-gemborkan berbagai fasilitas yang ada di rumah tersebut. Tak hanya fasilitas rumah, bahkan fasilitas pendukung seperti pusat perbelanjaan, fasilitas rekreasi, sekolah dan hal lain turut dipromosikan. Namun pada hasilnya nanti bisa saja developer properti mengabaikan fasilitas yang dijanjikan dulu.

Oleh karena itu, sebaiknya konfirmasi dahulu kepada pihak developer mengenai kejelasan fasilitas yang akan didapat nantinya. Anda juga bisa sekalian membuat perjanjian dengan pihak developer mengenai waktu penyerahan unit properti yang dibeli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here